Barang Salah Saat Belanja Online dan Harus Dikembalikan Dananya? Perhatikan Hal Ini Dulu!

0
292

Berbelanja secara online menjadi salah satu kebiasaan yang banyak dimiliki oleh masyarakat di Indonesia karena berbagai macam keuntungan misalnya barang lebih bervariasi, harga murah, lebih hemat tenaga untuk belanja dan yang lainnya. Akan tetapi belanja online di toko online juga memiliki kekurangan dan salah satunya adalah kesalahan membeli barang seperti barang yang diterima tidak sesuai dengan yang ada di gambar atau tidak sesuai dengan deskripsi barang sehingga mau tidak mau Anda harus mengembalikan barang tersebut.

Namun, sebelum Anda melakukan pengembalian barang di situs jual beli online terpercaya tersebut untuk mendapatkan dana atau uang Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Pertama adalah cek terlebih dahulu apakah ada kebijakan di online shop tersebut yang menyebutkan atau mencakup mengenai pengembalian barang dan menggantinya dengan uang sebesar harga barang yang Anda beli tersebut. Jika ada, cek mengenai kebijakan tersebut misalnya apa saja kriteria barang yang bisa diklaim. Walaupun sebelumnya penjual sudah mengemukakan jika sudah mengecek barang terlebih dahulu, Anda bisa menjelaskan ketidaksempurnaan barang tersebut dan meminta ke penjual mengenai bukti barang tersebut. setidaknya ada kebijakan pengembalian barang dengan syarat tertentu misalnya bukti cacat barang setelah kemasan dibuka.

Kedua adalah batas waktunya. Masing-masing toko online memiliki ketentuan atau kebijakan sendiri terkait sistem yang ada di online shop tersebut termasuk untuk pengembalian barang. Setelah Anda yakin jika ada kebijakan pengembalian uang dari pengembalian barang atau karena barang yang tidak terkirim, cari tahun berapa waktu maksimal barang harus diterima oleh pihak penjual atau waktu paling lama uang akan ditransferkan ke Anda sebagai bentuk pengembalian uang dari pembelian yang tidak sesuai dengan harapan. Jika barang diterima atau komplain lebih dari batas waktu yang ditentukan maka klaim tidak bisa disetujui. Karena hal tersebut, maka sebaiknya Anda langsung melakukan klaim begitu menemukan cacat pada produk tersebut.

Ketiga adalah syarat. Sama seperti pengajuan klaim barang pada umumnya, untuk mengajukan klaim di toko online atas barang yang cacat atau tidak sesuai dengan pemesanan sesuai dengan barang yang Anda pesan ketika belanja online (link ke https://www.bukalapak.comtersebut, pengembalian barang atau return harus dilengkapi dengan syarat tertentu. Karena hal tersebut, Anda harus memperhatikan dengan teliti syarat apa yang ditentukan untuk pengajuan klaim barang agar nantinya return barang atau dana tidak ditolak.

Keempat adalah ketahui bentuk pengembaliannya. Untuk pengembalian barang yang diklaim ada yang diganti dengan menggunakan barang baru atau produk yang sesuai dengan pesanan namun merupakan produk baru yang tidak cacat ataupun pengembalian yang berupa uang atau dana dengan nominal sebesar uang yang Anda transfer untuk membeli barang tersebut sebelumnya. Sehingga, jika klaim berhasil, Anda tidak kaget misalnya pengembalian dana ditransferkan ke dompet virtual dari toko online terpercaya tersebut.

Kelima adalah besar dana yang dikembalikan. Umumnya, jika terjadi klaim karena kesalahan pengiriman barang yang terjadi setelah Anda belanja online, maka return bisa berbentuk barang atau uang sesuai dengan ketentuannya dan sebesar harga barang yang tidak sempurna tersebut. Namun, untuk beberapa kasus, pengembalian hanya diberikan beberapa persen lebih rendah misalnya hanya mendapatkan 90% dari total 100% uang yang Anda kira akan Anda dapatkan dan hal tersebut bisa saja disebabkan karena dana tersebut dipotong biaya pengiriman atau return yang Anda lakukan untuk mengembalikan barang tersebut ke penjual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here