Resep Abon Sapi Anti Gagal dengan 5 Tips Berikut!

0
457
resep abon sapi

Bagi Anda penggemar abon sapi tentu merasa boros jika setiap kali ingin menikmatinya harus membeli jadi di minimarket maupun situs belanja online. Sesuai dengan namanya abon jenis ini terbuat dari daging sapi yang per kilonya memang mahal, inilah alasan mengapa abon jenis ini relatif mahal.

Padahal bisa jadi Anda malah bisa berhemat apabila membuatnya sendiri cukup membeli daging sapi segar baru kemudian diolah menjadi abon di dapur sendiri.

Selain menjadi opsional lebih hemat nantinya juga menjamin abon tersebut murni daging sapi bukan dicampur bawang goreng atau bahan campuran lain. Pasalnya sering sekali produk abon dalam kemasan bukanlah daging sapi murni melainkan sudah dicampur dengan bahan lain sehingga nampak banyak namun aslinya sedikit.

Sayangnya pembuatan abon diakui semua orang tidak mudah banyak yang mengeluh abonya menjadi hancur atau mungkin terlalu berminyak, sehingga jenis kuliner yang resiko gagalnya tinggi.

Tips Anti Gagal Membuat Abon dari Daging Sapi

Padahal dengan teknik yang benar pembuatan abon dari daging sapi ini akan terasa mudah dan hasilnya lebih tahan lama. Beberapa tips berikut menjadi materi yang wajib Anda simak:

  1. Teliti di proses penggorengan,

Menghasilkan abon yang kering dan berserabut ternyata ada triknya, dimulai dengan penggunaan minyak goreng yang sedikit agar tidak lembab. Pastikan pula wajan sudah panas baru memasukan suwiran daging sapi, namun jangan sekaligus. Sedikit demi sedikit supaya daging tidak menggumpal dan menjadi lembab atau basah.

  1. Teliti saat menumis bumbu abon,

Pembuatan abon sapi tentu akan melibatkan beberapa rempah sebagai bumbunya sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Bumbu yang dipergunakan antara lain ketumbar, kemiri, cabai, bawang merah, dan bawang putih yang semuanya dihaluskan. Pada saat proses menghaluskan bumbu dijamin akan keluar sedikit air maka tumis hingga benar-benar kering. Setelah kering barulah suwiran daging sapi dimasukkan sehingga teksturnya benar-benar kering dan berserabut cantik.

  1. Atur kompor di api sedang,

Mengatur api di kompor ternyata juga ada triknya, yakni di api sedang untuk memastikan daging sapi kering secara sempurna. Hindari memakai api kecil sebab menjadikan daging sapi cenderung menyerap lebih banyak minyak sehingga hasilnya basah dan lembek. Sedangkan kalau apinya terlalu besar malah menjadikan daging sapi gosong, kehitaman dan rasanya pahit. Padahal belum tentu daging sapi yang telah disuwir sudah matang dengan sempurna, maka api sedang adalah pilihan paling tepat.

  1. Jadikan oven sebagai alternatif,

Memasak abon di atas kompor bisa jadi memakan waktu lama, sehingga butuh kesabaran dan modal gasnya juga perlu diperbesar. Sebagai alternatif yang lebih praktis dan juga memastikan abon ini teksturnya kering dan berserabut serta warnanya kecoklatan cantik. Maka setelah daging sudah matang dari kompor masukan segera di dalam loyang lalu panggang ke oven. Gunakan suhu 100 derajat dan panggang selama 15-20 menit, dijamin hasilnya kering sempurna.

  1. Simpan ke dalam wadah yang bersih,

Penyimpanan abon yang sudah jadi pun baiknya dilakukan dengan tepat sebab meskipun sudah kering tetap saja abon mudah rusak. Akan menjadi tidak sehat jika dipaksakan untuk disantap, padahal kesalahan hanya pada penyiapan wadah penyimpanannya. Paling aman adalah mencuci wadah abon ini dengan air panas kemudian dilap sampai benar-benar kering memakai kain bersih. Masukan abon sapi ke dalamnya dan tutup hingga kedap udara, dijamin enaknya awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here